Skip to content

Baris, Pengatur dan Pengawas Ritme Roda Kehidupan Denpasar

August 18, 2011

baris-sightseeing-denpasar

Mungkin banyak blogger yang bertanya-tanya, kenapa Baris (salah satu tarian tradisonal Bali) menjadi icon Sightseeing Kota Denpasar. Brand yang resmi diperkenalkan sejak tahun 2008 memiliki tagline The Heart Of Bali menghadirkan Baris sebagai slogan untuk memberikan penggambaran bahwa Kota Denpasar mempunyai landasan sejarah budaya yang begitu mendasar. Sehingga Sightseeing Denpasar secara keseluruhan dibangun sebagai sebuah identitas yang dilandasi oleh semangat untuk mengekspresikan kharisma Kota Denpasar sebagai kota wisata budaya dinamis sekaligus sebagai denyut nadi Pulau Bali.

Dari sejarah Puputan Badung, Baris menyampaikan berbagai makna berkaitan dengan prinsip-prinsip kejatidirian, keberanian, kewaspadaan, kebangkitan ataupun kemuliaan. Puri-puri sebagai pusat kerajaan di jamannya, meninggalkan nuansa kota yang penuh ritmik dan dinamis, seperti sedang mengawasi dan mengatur ritme roda kehidupan Kota Denpasar untuk bergerak maju dalam keharmonisan.

Baris-Denpasar Festival 2009

Parade Baris - Denpasar Festival 2009

Dominasi  warna orange yang memvisualkan makna kebijaksanaan, mencerminkan karakter arsitektur puri dengan dominasi warna merah bata. Warna ini pula menjadi pintu gerbang sekaligus bingkai Kota Denpasar yang pada hakekatnya kaya akan warna (multikultural).

Dalam perspektif Denpasar sebagai The Heart Of Bali, Baris seperti sedang menyampaikan identitasnya, bahwa Denpasar tidak hanya secara geografis terletak ditengah Pulau Bali yang mudah diakses, tapi Denpasar juga sebagai pusat pemerintahan, perekonomian, pendidikan, informasi, pariwisata, termasuk juga sebagai pusat kajian sejarah, seni dan budaya. Denpasar sebagai kota yang  penuh nilai menjadikan dirinya sebagai denyut nadi Pulau Bali. Pulau yang tentunya sudah mempunyai brand begitu kuat di manca negara. Selain itu kedepan terkait dengan era globalisasi, perkembangan wisata dan pasar bebas, Kota Denpasar tidak hanya terbuka sebatas komunikasi lokal dan nasional, namun semakin dinamis dan mendunia.

Dalam perspektif Denpasar sebagai kota tujuan wisata Bali, Baris seperti sedang menyambut da menyampaikan identitasnya sebagai kota yang dapat meninggalkan sejuta kesan dan harapan. Kota yang biasanya identik dengan kehirukpikukan, polusi dsb. Ditambah lagi dengan pola hubungan  masyarakat yang individualis. Baris seperti sedang mengajak semua komponen masyarakat untuk meghadirkan paradigma baru dengan mencitrakan Denpasar lebih dari sekedar kota. Diawali dengan membangun sikap kebersamaan dan toleransi dalam kehidupan multikultur, mengangkat nilai dan semangat pusaka, didukung lagi dengan upaya pembenahan dan peningkatan infrastruktur yang berkesinambungan, akan menjadikan Denpasar sebagai pilihan kunjungan wisata khususnya bagi yang ingin mengenal dan merasakan cita rasa Bali secara lebih mendalam dan pemikiran lintas sektoral pada akhirnya harus mampu mencitrakan Denpasar lebih dari sebuah kota.

Berpayung pada Branding Bali yang berakar pada tagline Shanti,Shanti,Shanti, SightSeeing Denpasar memegang amanat dan tanggungjawab, yang pada akhirnya diharapkan dan mensukseskan Tahun Kunjungan Wisata Indonesia (Visit Indonesia Year). (sumber: Buku Pesona Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar)

3 Comments leave one →
  1. September 8, 2011 12:33 am

    Rahajeng Semeng, dumogi kenak rahayu lan dirgayusa, tentunya hasil jepretannya semakin bagus n top …

    Dewa Rama:

    Om swastiastu…. rahajeng semeng
    Mangde http://nakbalibelog.wordpress.com makin jaya hehehehe…
    ngiring sareng2 berbagi informasi…

  2. October 31, 2011 1:02 am

    Denpasar or denpasar, pusat pemerintahan sekaligus perekonomian di Bali, sudah selayaknya pula Denpasar lebih giat menggakat budaya Bali khususnya tari sebagai salah symbol yang mana merupakn identitas baginya…

    Lestari Baliku..

    Suksma Bli untuk tempat komentnya…,

  3. September 27, 2012 1:33 am

    fotonya keren nok…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: