Skip to content

Usaha Jamur Karang Taruna Putra Negara

June 1, 2011
Usaha Jamur KARANG TARUNA PUTRA NEGARA

Peresmian Oleh Walikota Denpasar

Para pemuda yang selama ini masih menganggur dan sulit mencari pekerjaan tidak perlu khawatir, karena kini ada peluang baru untuk mengembangkan usaha Jamur Tiram seperti yang dilakukan Karang Taruna Putra Negara Br. Ben Biu Desa Peguyangan Kaja denpasar Utara. Usaha ini bukan baru sekedar cerita tetapi sudah berjalan sejak tahun lalu atas binaan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kota Denpasar yang diresmikan oleh Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra Pebruari lalu.

Usaha kreatif yang dilakukan oleh Karang Taruna ini menurut Walikota Rai Mantra bisa menjadi penyemangat bagi pemuda lainnya untuk mengembangan usaha yang sangat prospektif ini. Dikatakan, prospeknya bagus karena hasilnya sangat lumayan, perharinya bisa mencapai Rp. 300,000 per hari. Sedangkan jamur bisa dipanen dalam waktu yang sangat singkat rata-rata satu atau dua hari sekali. Persoalannya sekarang tinggal kemauan dari para pemuda untuk mengembangkan usaha ini, karena Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kota Denpasar sebagai instansi leading sector siap untuk membantu mereka yang berminat. Menurut pengakuan orang nomor satu denpasar ini usaha yang dirintis tahun lalu pada awalnya memang kelihatan kecil, namun setelahsetahun berjalan keyakinannya usaha ini akan berkembang besar kini terbukti. Hal ini dinilai Walikota memiliki makna yang begitu besar karena dibalik pengembangan usaha ini sekaligus juga mampu merubah mainset atau perubahan pola pikir para pemuda dari mulanya tidak suka bertani sekarang menyenangi usaha bertani. Usaha ini sekaligus mampu menggugah para pemuda memahami jiwa interpreneurship atau jiwa kewirausahaan yang sedang getol dibangun Pemkot Denpasar.

Sementara Ketua Karang Taruna Putra Negara Ni Wayan Purnami Rusadi yang mahasiswi fakultas pertanian UNUD mengaku semula Ia merasa ragu merintis usaha ini, karen dihantui perasaan akan kehilangan waktu bermain sebagai remaja karena harus bertani. “ternyata semua itu sedikit demi sedikit bisa kami patahkan dengan dukungan semangat satu sama lain dengan menjadi jam bermain ke kegiatan yang lebih berinovasi,” ujar Rusadi. Setahun berjalan usahanya telah membentuk 6 kelompok tani beranggota 60 orang, dari semula hanya satu kelompok beranggota 10 orang. Usaha yang dikelolanya ini telah berkembang pesat dengan kapasitas 2000 log jamur yang setiap satu samapai dua hari bisa dipanen. Tak cukup dipengembangan usaha jamur pihaknya saat ini juga mengembangkan usaha ternak lele.

Sementara itu Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Denpasar Ir.Ambara Putra menyatakan,pengembangan usaha jamur Tiram di Kota Denpasar sangat prospektif. Selain sangat mudah prosesnya dan biaya relatif murah juga mampu memberikan jalan keluar bagi generasi muda yang selama ini masih belum punya pekerjaan tetap. Peminatnya juga lumayan banyak, karena penekun usaha jamur ini diberikan bantuan dana, tempat usaha sampai pembinan. Tak cukup sampai disitu,mereka juga dibantu pemasaran hasil usaha budidaya jamur Tiram yang telah dipanen dan ternyata peminatnya begitu banyak. Peminat yang dimaksudkan Ambara bukan saja dari segi konsumen tetapi juga masyarakat yang ingin mengembangkan usaha ini. Bahkan peminat tersebut datang dari masyarakat Bedugul Tabanan yang berkeinginan besar untuk mengembangkan usaha Jamur Tiram.

Pihaknya menyambut baik permintaan masyarakat meskipun dari luar Kota Denpasar. Atas Permintaan itu Ambara menyarankan kepada mereka yang berminat untuk datang langsung melihat dan belajar langsung usaha ini di usaha jamur tiram milik Karang Taruna Putra Negara Banjar Ben biu desa Peguyangan Kaja Denpasar utara. Mereka diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mendalami agar bisa mengembangkan usaha ini. Sedangkan bantuan biaya, pihaknya menyarankan agar menghubungi Dinas Pertanian Kab.Tabanan yang punya tanggungjawab dari segi kewilayahan, namun untuk bantuan ilmu serta manajemen mengembangkan usaha maupun pemasarannya siap membantu sampai bisa mandiri.

sumber : denpasarkota.go.id

3 Comments leave one →
  1. June 22, 2011 3:00 pm

    setelah saya membaca artikel ini,,saya sangat tertarik untuk belajar budidaya jamur tiram..kalau boleh tahu,dimana saya bisa mendapatkan informasi selengkapnya tentang budidaya jamur tiram.terima kasih

  2. June 23, 2011 1:32 am

    Terima kasih sudah berkunjung ke Dewarama Blog

    Untuk Budidaya Jamur Tiram bisa menghubungi DInas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Denpasar alamat Jalan Raya Sesetan No. 250 Denpasar, Telp. 0361-721330
    (website: http://pertanian.denpasarkota.go.id/)

  3. gopong permalink
    February 14, 2012 3:22 am

    bagaimana cara pemasarannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: