Skip to content

Taman Pancing Pemogan, Cermin Daerah Pro Rakyat

May 30, 2011

Jalan Taman Pancing (JTP) terletak di Desa Pemogan Denpasar Selatan. JTP adalah daerah pinggiran yang merupakan batas wilayah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Jalur alternatif menuju Bundaran Patung Dewa Ruci Simpang Siur ini hanya memiliki lebar sekitar 4 meter sehingga kendaraan lalu lalang sedikit melambatkan lajunya. Sekilas tidak ada sesuatu yang wah dengan daerah ini, yang membedakan hanya terdapat aliran sungai Tukad Badung yang diapit hamparan rumput hijau yang sedikit menyejukkan mata. Awal masuk ke JTP kesan kumuh memang mengganggu pandangan kita, tetapi setelah jauh masuk kedalamnya JTP memiliki fasilitas lengkap bisa dibilang merupakan cermin daerah  pro rakyat. Seperti apa saja?

Minggu malam (22/05) saya dan teman-teman memutuskan untuk bersepeda ke objek wisata Pantai Kuta. Start dari Renon kita menuju daerah Pemogan untuk menghindari jalur kota yang cukup padat seperti JL. Teuku Umar dan Imam Bonjol. Acoen, salah satu teman sekaligus leader bersepeda malam itu mengajak kita ke melewati jalur alternatif. Kesan pertama begitu buruk, suasana kumuh ditambah jalan berlobang yang membuat saya dan teman-teman lainnya sedikit kesal. Lalu lalang kendaraan juga melambatkan laju sepeda kita sehingga butuh konsentrasi tinggi dan sempat berpikir secepatnya keluar dari neraka ini.

15 menit berlalu kita tetap mengayuh sepeda. Saya ingin mencari tahu daerah apa yang saya lewati ini. Acoen yang berada didepan rombongan menyulitkan saya untuk bertanya karena saya berada diurutan paling buncit. Mata mulai melirik papan nama disetiap toko yang kita lalui berharap disana terdapat alamat lengkap toko dan saya bisa mendapatkan nama tempat ini. Lagi sibuk mencari, sejauh mata memandang ada dua anak sapi saling berkejaran dan asik bermain ditengah hamparan rumput hijau yang mengapit aliran sungai, membuat kaki ini berhenti mengayuh.

Waooooo indahnya… sayang tidak membawa kamera :D :D :D

Satu demi satu hal menarik saya lewati bersamaan dengan nama jalan yang akhirnya saya dapatkan. Jalan Taman Pancing namanya… Jalan yang dipenuhi fasilitas rakyat menengah kebawah mulai sungai untuk memancing sampai hamparan rumput hijau yang disulap menjadi warung lesehan.

Map Jalan Taman Pancing Pemogan Denpasar

Klik untuk melihat mapnya

Memancing 

Sepanjang JTP dialiri sungai yang cukup panjang. Sungai ini digunakan oleh warga sekitar untuk memancing. Saya tidak tahu jelas ikan yang dihasilkan tetapi cukup melihat masyarakat disana sangat menikmati hiburan gratis ini.

Warung Lesehan 

Ada satu warung lesehan yang memanfaatkan hamparan rumput hijau sebagai alasnya. Warung ini cukup diminati oleh pasangan muda-mudi yang lagi dimabuk asmara. Selain muda-mudi banyak sekali rombongan keluarga kecil yang memilih nongkrong diwarung itu. Karena tidak panas, Sore menjelang malam adalah waktu yang dianjurkan menikmati lesehan ini . Dengan berbagai macam cemilan, kita bisa santai sambil menikmati indahnya pemandangan.

Futsal

Di JTP juga terdapat gedung futsal bagi masyarakat yang ingin menyalurkan hobi bermain bola. Terdapat 2 lapangan yang bisa disewa dan dilengkapi stand-stand minuman seperti gedung futsal lainnya.

Kafe

Hiburan malam juga terdapat di JTP. Beberapa warung remang-remang alias kafe saya lewati sepanjang jalan. Kurang lebih ada sekitar empat Kafe kecil saya lihat dan belum cukup ramai (masih sore) dikunjungi tamu.

Hiburan masyarakat menengah kebawah mulai dari yang gratis sampai bayar terdapat di JTP. Jarang saya melihat kawasan selengkap JTP. JTP merupakan cerminan pro rakyat yang haus akan hiburan. Ditengah-tengah ekonomi yang semakin carut marut dan hiburan mahal yang menyerang Denpasar, JTP mampu bertahan melayani masyarakat. Pemerintah Kota Denpasar diharapkan lebih peduli dan mempertahankan JTP sebagai kawasan rakyat. Masih banyak daerah seperti JTP yang tersebar disudut-sudut kota yang memiliki potensi baik pariwisata, perdagangan dan hiburan.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: