Skip to content

Menikmatinya dengan bersepeda

May 5, 2011

Bersepeda santailah...

Kakek tua datang dari arah barat menuju Jalan Gajah Mada Denpasar. Dengan sepeda full modifikasi dia mengayuh tanpa henti seolah lupa dengan umur hanya demi satu tujuan menikmati suasana Kota Denpasar di pagi hari. Hidup Jalanilah, Indah Nikmatilah, Bersepeda Santailah…

Pemandangan seperti ini sangat sering kita jumpai sekarang. Bersepeda berkelompok ataupun sendiri menjadi rutinitas masyarakat diseluruh Indonesia tidak terkecuali daerah-daerah di Bali. Sejak Pemerintah mencanangkan Go Green, bersepeda adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat. Tentu karena sepeda merupakan alat transportasi tanpa bahan bakar sehingga dapat mengurangi polusi udara.

Tidak hanya sekedar olahraga, gowes begitu orang sering menyebutnya menjadi sebuah hobi yang tidak hanya mencari keringat tetapi termasuk memodifikasi sepeda sehingga mendapatkan kepuasan sendiri. Mulai dari lampu, body, ban semua dipermak sesuai kebutuhan dan kadang hanya ingin mencari kesenangan tersendiri.

Dulu, mengayuh sepeda 1 km saja kita bisa mengeluh kecapekan dan kepanasan. Tetapi kini, rute yang ditempuh bersepeda sudah berpuluh-puluh km bahkan ada yang sampai menyeberang ke pulau sebelah hanya sekedar menyalurkan hobi bersama teman atau klub-klub sepeda. Ada teman sebut saja namanya Pak Ngurah, bersama klub sepedanya sampai rela menyeberang ke Banyuwangi Jawa Timur untuk menikmati indahnya Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo.

@Monkey Forest Ubud

Di Bali, ada beberapa daerah wisata yang sering dikunjungi para biker-biker seperti Monkey Forest Ubud, Kintamani, Pantai Kuta, Tanah Lot, Sangeh, Bedugul sampai yang didalam kota seperti Lapangan Puputan Renon. Khusus untuk Renon, Pemerintah Kota Denpasar sejak tahun 2009 setiap hari minggu pagi melaksanakan program Car Free Day. Sepanjang Jalan di seputaran Lapangan Renon ditutup untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 mulai dari jam 06.00 sampai jam 11.00 wita.

Tidak mengenal waktu, itulah kalau kita mengenal bersepeda. Pagi, siang bahkan malam pun siap hanya sekedar untuk menyalurkan hobi. Gowes Malam “Night Ride” biasanya dilakukan oleh para biker yang ingin menikmati suasana malam kota, dengan tambahan lampu bersinar membuat para biker tambah semangat mengayuh sepedanya. Tentu ditambah kegiatan-kegiatan lainnya seperti kuliner atau hanya sekedar nongkrong bersama para biker lainnya. Pantai, Mini Market bahkan sampai trotoar sepanjang jalan raya menjadi pilihan untuk menikmati indahnya malam.

kuliner - mencoba lawar serapah

kuliner - lawar serapah sibang kaja

Dengan bersepeda kita memang tidak akan pernah bisa berpergian lebih cepat dari kendaraan bermotor atau mobil. Bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar. Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar.

Seperti yang Bapak Tua itu lakukan…

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: