Skip to content

Petinget Rahina Tumpek Landep: Tradisi Luhur

May 4, 2011

Awal Mei Denpasar kembali melaksanakan event Petinget Rahina Tumpek Landep. Hari keagamaan Tumpek Landep sendiri jatuh pada hari Sabtu, 7 Mei 2011. Tumpek Landep sendiri bagi umat Hindu merupakan hari raya untuk merayakan benda-benda pusaka seperti Keris, Tombak, Gamelan dll. Seiring perkembangan jaman benda-benda yang terbuat dari besi, baja dll juga ikut disembahyangkan seperti sepeda motor, mobil, pisau dapur dll bertujuan diberikan keselamatan dalam pengoperasiannya sehari-hari.

Kegiatan Petinget Rahina akan digelar untuk ketiga kalinya oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar dengan mengangkat tema ”Mengapresiasikan Keris Pusaka Sebagai Budaya Unggulan” akan dilaksanakan tanggal 4 s/d 6 Mei 2011 di depan Museum Bali. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengangkat kembali filosofi dan makna Tumpek Landep dan membangkitkan kembali tradisi luhur tentang arti dan makna keris bagi setiap keluarga.

Adapun acara yang dilaksanakan yaitu Pameran Keris, Bursa Keris, Pameran Kerajinan emas perak dan kerajinan lainnya. Sarasehan dengan pembicara dari Parisada Hindu Bali, Pande Keris, Fakultas Sastra Unud dan Listibya Kota Denpasar. Adapula kesenian tradisional yaitu Bondres dari Sanggar Sunari 4 Mei 2011 pukul 16.00 wita, Bondres Sanggar Bangsing Bingin 5 Mei 2011 pukul 20.00 wita, Bondres Sanggar Dwi Mekar Singaraja 6 Mei 2011 pukul 20.00 wita.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: