Skip to content

Bidikan Kamera: Memang Harus Beda

March 24, 2010

Tepat 19 Maret yang lalu akhirnya keinginan untuk menjelajah ke Nusa Lembongan tercapai juga. Istilah BACKPACKER (penggemar jalan-jalan dengan biaya murah) sering menjadi guyonan sesama teman yang akan berangkat. Sore itu akhirnya sampai juga di Lembongan walau harus ditemani terik panasnya pantai yang super duper menyengat seluruh tubuh. Tapi semua serasa sirna oleh indah, udara segar dan tentu saja penduduknya yang ramah-ramah.

Tujuan pertama ke Nusa Lembongan tentu saja ingin berlibur. Dibalik liburan itu niat untuk menyalurkan kemampuan membidik kamera tentu saja sama besarnya walau jauh dari kata ahli hehehehhe…  Pantai yang indah, Batu Karang yang besar hingga pasir putih tidak luput dari bidikan kamera.

Banyaknya objek  membuat bosan juga hati ini. Lo koq bisa bosan??? Terbetik dalam hati untuk membuat moment beda, spesial dan lain daripada yang lain. Moment yang berbeda dari biasanya dan tidak lazim terkadang menghasilkan sesuatu yang berbeda dan memberikan kepuasan tersendiri. Untuk mendapatkan moment tersebut tentunya tidalah gampang. Ada beberapa hal yang emang harus kita lakukan dan kesannya tidak asal menjepret kamera. Ini beberapa tips dari para fotografer (exposure) :

1). Ketika ide atau konsep sudah ditangan, cobalah untuk selalu melakukan     riset kecil-kecilan, untuk setidaknya bisa mendapatkan kesimpulan sementara bahwa gagasan tersebut bisa dilaksanakan.

2). Sebelum mengeksekusi, dalam hal ini melakukan pemotretan, lakukan persiapan yang matang sampai melihat ke detil-detilnya. Misalnya, bila hendak memotret model, pelajari seperti apa karakter si model, lalu makeup, baju dan elemen-elemen semacam apa yang tepat untuk diterapkan.

3). Dalam rangka persiapan,jangan lupa memikirkan segi teknis fotografinya, sekaligus merencanakan apakah hasilnya akan pure atau perlu digital imaging yang agak signifikan. Yang disebut terakhir ini mungkin untuk mengatasi keterbatasan dana.

4). Terhadap sesuatu yang lazim terkadang menghasilkan sesuatu yan gberbeda, tidak biasa. Misalnya,model tidak harus dipotretdi tempat-tempat bersih,mewah dan sejenisnya, tapi bisa saja dipotret di toilet umum, perempatan jalan,bahkan kuburan.

sumber dari exsposure edisi januari 2008

Mudah-mudahan tips diatas bisa membuka inspirasi baru bagi temen-temen yang doyan berkecimpung di dunia fotografi. Biar lebih menarik dan berkesan, hasil jepretan juga bisa kalian gunakan untuk mempresentasikan sebuah berita baru kepada publik (Photojournalism) sehingga memiliki nilai lebih dimata yang melihatnya. Selamat mencoba ya…

3 Comments leave one →
  1. March 25, 2010 1:18 pm

    Suit2…. Blognya wajah baru…. Jepretan adalah “SENI” dan “INSPIRASI”…..

    Dewa Rama Blog:
    hehehehehehe… biar ga jenuh bro…

  2. April 3, 2011 7:13 am

    wah konsepnya bagus…Foto Blog, ditunggu updatenya Bli..

Trackbacks

  1. Nge-BLoG lagi gak ya ? | PanDe Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: