Skip to content

LPSE, Antara Pengabdian dan Sindiran

May 6, 2009

Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) merupakan situs pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-procurement) yang memfasilitasi lelang secara elektronik. Pemkot Denpasar mulai aktif menggunakan LPSE sejak tahun 2008 dan di tahun 2009 beberapa paket pekerjaan bernilai diatas 200 juta akan segera di lelangkan.

Siang itu saya dan Pak Tut bertemu diacara pernikahan seorang rekan tepatnya di daerah busungbiu Buleleng. Awal percakapan kita sudah langsung membuka pembicaraan mengenai suka duka menjadi Tim LPSE Kota Denpasar. Sedikit penjelasan, Tim LPSE Kota Denpasar dibentuk dari gabungan beberapa instansi di Denpasar seperti DKP, PU, Kominfo, Pendidikan, RS Wangaya dll. “Saya merasa serba salah, saat membimbing penyedia untuk mengikuti lelang, saya selalu disindir oleh temen-temen. Padahal itu tugas saya sebagai tim LPSE”, buka Pak Tut diawal pembicaraan.

Pengalaman Pak Tut memang sering dialami oleh rekan-rekan satu tim di LPSE Kota Denpasar. Bermaksud mengarahkan dan melatih para penyedia untuk melaksanakan lelang secara online, malah disindir memasukkan penyedia-penyedia yang telah dikenal sebelumnya. “Padahal ini pertarungan bebas, siapa saja bisa mendaftar dan mengikuti lelang “, tambah Pak Tut sedikit kesal. Penggunaan LPSE merupakan kesiapan Pemkot Denpasar untuk meningkatkan transparansi, sehingga persaingan sehat antar pelaku usaha dapat lebih cepat terdorong.

lpse_denpasarLPSE Kota Denpasar

Mulai aktif sejak 2008 hingga awal tahun 2009 ini baru 2 paket pekerjaan yang dilelangkan menggunakan LPSE. Ini mengesankan perjalanan LPSE terkesan jalan ditempat. Padahal Bapak Walikota Denpasar sudah menginstruksikan semua instansi untuk melelangkan paket pekerjaan yang bernilai 200 juta. Memang akan ada pendapatan yang hilang dengan diadakan lelang secara elektronik ini. Sudah menjadi rahasia umum hal tersebut terjadi, apalagi sekarang PNS Kota Denpasar tidak boleh lagi menerima honor diluar gaji yang ditetapkan.

Kendala memang akan selalu menghantui perjalanan LPSE Kota Denpasar. Tetapi komitmen untuk mengurangi dan memberantas korupsi selalu ditegakkan oleh tim dan semaksimal mungkin berjuang supaya LPSE ini bisa digunakan oleh instansi-instansi di Denpasar sehingga tercipta pemerintahan yang bersih. Apalagi sedang hot-hotnya pemberitaan mengenai Ketua KPK yang ditangkap karena kasus pembunuhan dan dihimbau bagi semua masyarakat supaya tetep berkomitmen untuk memberantas korupsi.

Pemkot Denpasar melalui Dinas Kominfo awal mei 2009 ini melelangkan 1 paket pekerjaan yaitu Sewa Bandwidth menggunakan LPSE. Untuk lebih lengkapnya bisa diakses di http://eproc.denpasarkota.go.id. Bagi rekanan yang ingin mendaftar bisa menghubungi Sekretariat LPSE Kota Denpasar di Kantor Walikota Denpasar, Bagian Program Pembangunan Setda Kota Denpasar, Jl. Gajah Mada No. 1 Denpasar.

3 Comments leave one →
  1. May 30, 2009 7:29 am

    SUKSES TRUS PAK, CIPTAKAN TRANSPARANSI PENGADAAN BARANG DAN JASA

    Dewa Rama:
    Makasi pak… kita harus selalu berkomitmen untuk memberantas korupsi, walau sekarang Ketua KPK lagi kena kasus. Teruskan……….

  2. Emir permalink
    February 15, 2010 1:09 pm

    Bapak tidak sendirian, kami LPSE Nasional selalu mendukung Bapak.

    Ada kalanya hal baik tidak selalu diterima dengan baik, kita ber juang bersama demi masyarakat adil dan makmur.

  3. Muparoula permalink
    May 4, 2010 10:32 pm

    If you live in Weston Florida and plan on refinancing an existing mortgage or get a new mortgage beware of scam artist Tulio J. Rodriguez. This so called “Mortgage & Finance Specialist” will tell you just about anything to get your business. His group of scavengers “Real Estate Agents and Mortgage Specialists” lie through their teeth to take your money.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: