Skip to content

Dibalik Kesuksesan SBY

April 28, 2009

sby_demokratWalau belum final perhitungan suara oleh KPU dalam Pileg 2009, tetapi sudah dipastikan kemenangan menjadi milik Parta Demokrat milik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dari Pusat Tabulasi KPU, Partai Demokrat sementara memimpin dengan perolehan 20,6% mengungguli Partai Golkar (14,6%) dan PDIP (14,1%). Ini tak lepas dari sederet tim sukses yang berada dibalik layar kemenangan partai pendukung Presiden RI kita ini. Setidaknya ada 9 tim sukses yang berdiri kokoh di belakang SBY yang secara tidak langsung akan menghantarkan SBY untuk kembali memenangkan Pilpres 2009. Siapa sajakah meraka?

Adapun ke sembilan tim ini:

l. Tim Echo: Mengadopsi fungsi teritorial di militer untuk mendongkrak suara Partai Demokrat di daerah. Tim ini ramping, hanya satu pemimpin di kabupaten/kota. Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Djoko Suyanto jadi punggawanya.

2.  Gerakan Pro-SBY: Dideklarasikan Selasa pekan lalu. Ketua Umum GPS Suratto Siswodihardjo. Mantan Kapolri Sutanto, mantan KSAU Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno, Menkes Siti Fadilah Supari, Menhut MS Kaban, mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suyono, dan mantan Kaster TNI Letjen (Purn) Agus Wijoyo jadi penasihat.

3. Tim Sekoci: Penyokong Partai Demokrat menggapai perolehan suara mencapai 20 persen. Tim ini mendata tokoh masyarakat, pengusaha, tokoh agama, tokoh perempuan, petani, dan nelayan. Diketuai Komisaris Utama PT Indosat Soeprapto dan Irvan Edison.

4. Tim Delta: Mengurusi semua perlengkapan kampanye. Dikomandoi mantan Asisten Logistik Panglima TNI Mayjen (Purn) Abikusno.

5. Tim Romeo: Menjalin komunikasi dengan rakyat. Segala kebijakan SBY yang dianggap berhasil disosialisasikan kelompok yang dipimpin Mayjen (Purn) Sardan Marbun. Tim juga mengurus PO BOX  9949 dan SMS 9949.

6. Tim Foxtrot: Konsultan politik Partai Demokrat. Lebih dikenal dengan Bravo Media Center dengan pengasuh utama Choel Mallarangeng yang juga Direktur Utama Fox Indonesia.

7. Barisan Indonesia: Barindo adalah organisasi masyarakat diprakarsai Letjen TNI M Yasin. Akbar Tandjung ikut sebagai Ketua Dewan Pembina.

8. Jaringan Nusantara:  Dikelola sejumlah aktivis mahasiswa dan mantan aktivis mahasiswa, seperti Andi Arief, Harry Sebayang, dan Aam Sapulete.

9. Yayasan Dzikir SBY Nurussalam: Dibina mantan Sekretaris Pribadi Presiden Kurdi Mustofa, Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi, juga Habib Abdul Rahman M al-Habsyi.

Tim seperti inilah yang jarang dimiliki oleh partai lain. Satu partai kadang sibuk mempertahankan suara di daerah yang menjadi basis mereka tanpa memperhitungkan bahwa Indonesia memiliki beberapa daerah dengan banyak penduduk. Sehingga mereka gagal total dalam Pileg 2009.

Selain 9 tim sukses ini, figur SBY memang berperan penting dalam keberhasilan Partai Demokrat mendominasi kancah pollitik di Indonesia. Kita tunggu saja, apakah SBY dan 9 tim suksesnya tersebut bisa kembali memenangi Pilpres 2009. Rakyat akan selalu setia menunggu perubahan-perubahan sehingga Indonesia bisa lebih maju dari sekarang.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: