Skip to content

Musik, Indonesia Jauh Diatas Malaysia

November 2, 2008

musik band indonesiaKita patut bangga menjadi bangsa Indonesia. Kenapa? karena kita mempunyai banyak potensi. Contohnya adalah potensi di dunia musik. Gencar diberitakan bulan-bulan lalu, kebudayaan kita seperti batik, lagu daerah dan lainnya diobrak abrik oleh Malaysia. Disatu sisi kita harus mengambil hikmahnya, bahwa kebudayaan kita jauh diatas Malaysia dan Malaysia tidak kreatif sehingga hanya bisa mematenkan kebudayaan kita menjadi kebudayaan mereka. Di dunia musik , kita patut berbangga diri. Band-band kita sangat laku disana. Bahkan distasiun radio Malaysia, hampir 90% yang dilantunkan adalah lagu band-band Indonesia. Yang membuat aneh dan menggelikan, Pemerintah Malaysia akan membuat UU untuk meminimalkan pemutaran lagu-lagu luar negeri termasuk Indonesia dengan alasan ingin melestarikan lagu-lagu Malaysia. Ini satu bukti bahwa Malaysia tidaklah kreatif. Indonesialah yang lebih kreatif dan lebih berpotensi.

Setiap hari di Indonesia bermunculan band-band baru dengan kualitas bagus. Seperti Alexa, Matta, Kangen Band, Hijau Daun dan masih banyak lagi. Dengan mempunyai ciri khas masing-masing, mereka mampu untuk bersaing dengan band-band top Indonesia lainnya. Sebut saja Gigi, Peterpan, Slank, Padi dan lainnya. Band-band papan atas Indonesia ini hampir setiap tahun ke luar negeri termasuk Malaysia untuk memperkenalkan lagu-lagu andalannya. Peterpan dengan album “Hari Yang Cerah” mampu menyihir jutaan warga Malaysia di tahun 2007. Sebaliknya, band-band Malaysia tidak mampu bersaing di Indonesia. Suatu bukti bahwa potensi bermusik mereka jauh dari kita.

Potensi musik indonesia bisa dijadikan tolak ukur bahwa kita bisa. Kita cuma kurang semangat dan percaya diri. Harusnya kita mejadi negara yang menguasai Asia. jangankan Malaysia, China pun seharusnya bisa kita hadapi. Banyak negara lain yang bilang Indonesia Itu Kaya, Tapi Kenapa Miskin?? Perlu kita renungkan pendapat itu. Warga negara indonesia adalah orang-orang yang kreatif. Musik saja bisa menembus pasar dunia, kenapa yang lain tidak. Share pendapat kamu-kamu disini. Kita harus bangkit dan kembali membangun Indonesia.

2 Comments leave one →
  1. ocel permalink
    November 18, 2008 3:27 am

    betul boss, tapi musik/band indonesia kita hanya sebatas sampai malaysia aja walaupun ada ke luar asia itupun karena diundang oleh masyarakat indonesia yg tinggal disana. kalau mau memperkenalkan music indonesia harus yg lebih BEDA daripada music umumnya, contoh music nya BALAWAN DAN BATUAN ETHNIK FUSION yg biasa manggung ke Eropa, asia dan australia, music mereka campuran dari moderent dan tradisi bali. dan mereka sudah mengharumkan nama bangsa. ket lanjut http://www.wayanbalawan.com

  2. August 4, 2010 4:11 am

    Maju terus band Indo! Sedihnya kangen band harus terima hujatan dari sesama warga indo.. padahal kan mereka cuma menunjukan ciri khas mereka aja.
    Okelah, sip juga buat saykoji, u copy my style hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: